Kamis, 18 November 2010

LETAK KERAJAAN MAJAPAHIT


Mengenai letak ibu kota telah tiga kali mengalami perpindahan. Termasuk pula letak istana dan kraton ikut pindah.
Pertama, pada masa pemerintahan R Wijaya, letak ibu kota Majapahit berada di sebuah Delta dari sebuah bengawan yang membujur dari timur ke barat dan bertemu dengan sebuah sungai yang berasal dari selatan. Istananya menghadap ke utara atau menghadap bengawan. Letak istana tersebut tidak jauh dari pelabuhan Canggu.
Kedua, masa pemerintahan Jayanegara sampai dengan Bhre Krtabhumi (1305-1478 M). Letak ibu kota Majapahit berada di Trowulan dan sekitarnya. Yang kini masuk wilayah administrasi Kabupaten Mojokerto dan Jombang.
Ketiga, masa pemerintahan Bhre Hyang Purwawisesa sampai dengan Dyah Rana Wijaya (Dinasti Girindrawardhana) (1478-1519 M), letak ibu kota Kerajaan Majapahit berada di wilayah Kediri.
Dari hasil penelitian para ahli purbakala di tiga tempat tersebut di atas, ternyata bukti-bukti peninggalannya yang paling banyak ditemukan adalah di wilayah Trowulan dan sekitarnya. Karena itulah daerah Trowulan dikategorikan sebagai daerah situs Trowulan. Yaitu, lokasi yang diduga banyak mengandung benda cagar budaya peninggalan Kerajaan Majapahit, baik yang berada di atas tanah maupun di dalam tanah.

6 komentar:

  1. pendapatnya mengenai perang bubat? kebetulan saya dari Sunda

    BalasHapus
  2. dimana letak kerajaan majapahit sekarang??

    BalasHapus
  3. sampai sekarang saya masih bertanya tanya, dimana letak keraton majapahit?

    BalasHapus
  4. letak kraton majapahit ya otomatis di sekitar segaran majapahit, lokasi pastinya ya pasti susah untuk dideteksi,

    BalasHapus
  5. Majapahit memang hebat dan semua itu berkat kolaborasi hayam wuruk dan Gajah Mada.

    Seandainya pak jokowi dan JK bisa mencontoh prestasi mereka, pastinya indonesia sudah bisa menjadi negara adi daya lagi.

    Pokoknya
    Nggak Pernah Habis Kinclongnya Indonesia

    BalasHapus